Total Pageviews

Sunday, June 24, 2012



Kemah Bakti IPM Kab. Tegal 2010 Diikuti 24 Tim PR IPM se-Kab. Tegal

 

Semarak Kemah Bakti IPM Alhamdulillah dapat diwujudkan kembali pada kepengurusan PD IPM Kabupaten Tegal periode 2009-2011 di bawah Komando Ipmawan Satriyo. Saya sendiri selaku Kabid ASBO didaulat menjadi Ketua Panitia dalam acara paling besar sepanjang periode kepengurusan ini.

Sepengetahuan saya, sudah beberapa kali Kembak diadakan oleh PD IPM Kab. Tegal, antara lain Kembak 1998 di Buper Bojong, Kembak 2003 di Buper Kalibakung, serta Kembak 2007 di Buper Harjawinangun. Kembak-kembak tersebut memang menjadi agenda paling besar di tiap periode PD IPM yang mengadakannya.

 
Mengadakan Kembak bukanlah hal yang mudah bagi kami (PD IPM). Diperlukan pemikiran serta persiapan yang matang untuk membuat acara ini berlangsung dengan sukses. Saya ingat, saat acara Taruna Melati II lah, awal ide mengadakan Kembak muncul. Yah, bagaimanapun kami harus mengadakan acara puncak yaitu Kembak atau Torseni sebelum Musyda diadakan.
Cetusan ide ini berlanjut saat rapat PD IPM sekaligus Silaturahim di PR IPM Pesarean. Saat itu sudah mulai disusun rancangan susunan panitia dan lokasi Kembak. Saat itu ada 3 opsi lokasi, Jatinegara (JN), Karangmulya (SD) serta Pesawahan (AW).

Perkembangan berikutnya kami merapat kembali saat acara DIKSUSTI di Karanganyar. Pada tahap itu sudah disusun secara lebih serius susunan panitia dan lokasi yag lebih pasti, Jatinegara menjadi opsi yang unggul kala itu meski saya kurang setuju mengingat medannya terlalu jauh dan kurang "sehat" mengingat hari H adalah puncak musim hujan.

Kendala demi kendala kami lalui dengan optimisme dan kesabaran, meski kadang juga pesimisme muncul di hati. Beberapa faktor munculnya pesimisme adalah:
1. Waktu pelaksanaan yang memang kurang baik (cuaca) 
2. Berbenturan dengan Jambore daerah HW dikhawatirkan menghalangi calon peserta dari PR IPM perguruan Muhammadiyah untuk berpartisipasi.
3. Lokasi yang cukup jauh sehingga mmbutuhkan banyak biaya bagi peserta
4.  Persiapan yang kurang panjang sehingga panitia harus bekerja marathon untuk mencari SDM (panitia), menggalang dana, serta melakukan persiapan-persiapan lainnya.
5. Personel PD IPM yang sangat minim serta saya pribadi sebagai panitia saat itu tengah persiapan menjelang UAS di kampus.

Namun pesimisme tersebut mampu dilalui dengan baik dan alhamdulillah saat pembukaan acara pada tanggal 19 Desember 2010 diikuti oleh kurang lebih 200an peserta dalam 24 tim dari 15 PR IPM se-kab. Tegal. Meski jumlah ini masih lebih kecil dibanding Kembak 2003 di Kalibakung, namun lebih besar dibanding Kembak sebelumnya di Harjawinangun pada tahun 2007...



 

















 



No comments:

Charity for blog development

Bagi yang ingin menyisihkan sebagian rezekinya untuk pengembangan blog ini, silahkan kirim ke rek BNI Cab. Semarang 0162468167
atas nama Muhamad Taufik Hidayat . Terimakasih. ;-)