Total Pageviews

Sunday, July 3, 2011

Muhamad Taufik Hidayat

Menulis untuk Mengabadikan Karya



Bagi mahasiswa semester 3,5 dan 7 PGSD UPP Tegal, nama Muhamad Taufik Hidayat tentu tidak asing lagi ditelinga. Namun mungkin masih asing bagi mahasiswa semester 1, pasalnya mahasiswa yang akrab disapa taufik ini tidak setiap hari datang ke kampus karena sedang menjalalani KKN di Kebandungan, Bantarkawung, Brebes.

Dia adalah Pimpinan Redaksi majalah Gemilang, majalah pertama di PGSD UPP Tegal. Sejak kecil hobinya adalah membaca, media cetak apa saja yang ada dirumah dibacanya dengan antusias terlebih majalah seperti Bobo, Annida, Mop, dll. Awalnya ia hanya membuka-buka majalah untuk melihat-lihat gambarnya saja, namun ia mulai bosan dan iseng membaca tulisan-tulisan di majalah, hingga akhirnya Taufik kecil kecanduan membaca.

Taufik remaja yang suka berimajinasi lama kelamaan mulai tertarik menjadi penulis. Ia ingin bebagi pengetahuan dengan orang lain melalui tulisannya. Mulai dari kelas 1 SMP, laki-laki asli Tegal ini mulai menulis tulisan sederhana seperti cerpen,artikel dll.
Ketika ia melanjutkan sekolah di SMA N 1 Tegal, ia berhasil menjadi redaktur majalah INSANI pada tahun 2005 yaitu sebuah majalah pelajar Islam Tegal. Pada tahun yang sama, ia membuktikan kembali kepiawaiannya dalam dunia jurnalistik, yaitu bergabung menjadi redaktur muda majalah KANDELA, sebuah majalah pelajar di kota Tegal.

Mantan anggota paskibra yang menyukai olahraga bulu tangkis ini sangat tertantang untuk menyumbangkan piala untuk sekolahnya, hingga ia sering mengikuti lomba-lomba di bidang jurnalistik maupun non jurnalistik. Baginya kompetisi adalah hal yang menyenangkan.

Semangat menulisnya pun ia bawa hingga masuk di PGSD UPP Tegal Universitas Negeri Semarang. Dulunya ia tidak mau masuk rohis karen merasa tidak pantas, namun seiring kedewasaanya akhirnya ia bergabung dengen UPKKI(Unit Pelaksana Kegiatan Kerohanian Islam) dengan tekad menyampaikan pesan dakwah melalui tulisan. Dengan modal bakatnya dalam bidang jurnalistik, terbitlah sebuah majalah Gemilang sebagai majalah pertama dan satu-satunya di PGSD dimana ia menjadi pimrednya. Mahasiswa berusia 21 tahun ini sejak kecil aktif berorganisasi didalam maupun diluar sekolah. Tercatat belasan organisasi ia ikuti, tidak tanggung-tenggung, ia selalu menjadi petinggi dalam organisasi yag ia ikuti. Walaupun sibuk dengan dengan kegiatan-kegiatanya, ia masih bisa membuktikan profesionalitas dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa dengan meraih IP Cumlaude.

Keterampilan menulis yang taufik miliki tidak hanya dituangkan di media cetak saja,ia juga sangat produktif dalam membuat karya ilmiah. Terbukti beberapa karya ilmiahnya lolos seleksi dari ribuan peserta, baik tingkat fakultas,universitas maupun antar perguruan tinggi.

Berbagai suka duka telah ia alami sebagai seoarang penulis, namun ketika suatu pekerjaan itu disenangi an dinikmati, duka itupun hilang dengan sendirinya. Ia sangat senang bisa terjun ke duia jurnalistik “ketika kita sedang menulis, sebenarnya kita sedang mencari ilmu” jelas taufik. "Menulis itu sama saja mengabadikan karya kita. Selagi kita masih muda, berbuatlah yang terbaik untuk Yang menciptakan kita, orang tua kita dan orang2 disekitar kita. Jika karya kita bermanfaat, itu akan menjadi investasi yang merupakan amal jariyah untuk kita"


Pengalaman
1. Redaktur Mading SMA N 1 Tegal ”Bianglala” (2005)
2. Redaktur Muda Majalah Pelajar Tegal ”Kandela” (2005)
3. Redaktur Majalah Pelajar Islam Tegal ”Insani” (2005)
4. Pimred Majalah UPKKI ”Gemilang” (2010-2011)
5. Pimred Majalah IPM Kab. Tegal ”Al-Qolam” (2010)

Prestasi :
1. Juara I LKTIM bidang MIPA tingk. Jawa Tengah, Pemrov Jateng (2012)
2..Juara I LKTIM bidang Ekonomi & Kewirausahaan tingk. Jawa Tengah, Pemrov Jateng (2012)
3. Juara II LKTIM bidang MIPA tingk. Jawa Tengah, Pemrov Jateng (2012)
4. Juara I Fotografi PORSAJUR tingk. Fakultas, BEM FIP UNNES (2009)
5. Juara II Fotografi IPM tingk. Jawa Tengah, PW IPM Jateng (2011)
6. 10 besar Brilliant Innovation Contest tingk. Universitas, UKMP UNNES (2011)
7. 14 besar LKTM Youth Power UGM tingk. Nasional, KM Sos UGM (2011)
8.
17 besar LKTM Youth Power UGM tingk. Nasional, KM Sos UGM (2011)
9. 20 besar LKTM MIPA Untuk Negeri UI tingk. Nasional, BEM FMIPA UI (2011)
10. Juara I Penelitian Institusional tingk. Fakultas, DIPA FIP UNNES (2011)
11. Mahasiswa Berprestasi Utama I FIP UNNES (2012)
12. Mahasiswa Berprestasi Utama IX UNNES (2012)


--el-zahra--

No comments:

Charity for blog development

Bagi yang ingin menyisihkan sebagian rezekinya untuk pengembangan blog ini, silahkan kirim ke rek BNI Cab. Semarang 0162468167
atas nama Muhamad Taufik Hidayat . Terimakasih. ;-)